UNLOADING
AIRCRAFT LOADING AND UNLOADING
ITU APA SIH?????
Salah satu yang menjadi
kegiatan dari RAMP Services yaitu kegiatan Loding
And Unloading. Hal
inipun telah tercantum dalam IATA Airport Handling Manual (AHM), 810 Annex A
Tahun 2004 pada
Section 3 (RAMP Services) yaitu point 3.6. mengenai Loading And Unloading.
Apa sih yang dimaksud
dengan Loading
And Unloading? Loading
And Unloading merupakan kegiatan
yang dilakukan di apron area yaitu kegiatan bongkar muat barang (bagasi, kargo
dan mail) dari dan ke dalam pesawat.
Kapan kegiatan Loading And Unloading dilakukan?
Untuk kegiatan Loading, dilakukan
pada saat Pre
Flight artinya
kegiatan memuat barang (bagasi, kargo dan mail) dilakukan sebelum pesawat
melakukan penerbangan oleh petugas-petugas ground handling. Adapun kegiatan Unloading biasanya dilakukan pada saat Post Flight,
artinya kegiatan membongkar barang dilakukan setelah pesawat melakukan
penerbangan.
Tentunya para petugas
dibantu dengan peralatan-peralatan canggih yang sering disebut dengan GSE (Ground
Support Equipment), yang merupakan peralatan-peralatan pembantu
yang dipersiapkan untuk mendukung kebutuhan pesawat, salah satunya untuk
kegiatan Loading
And Unloading ini. Contoh
peralatannya yaitu, seperti Belt
Conveyor Loader (BCL), Cargo Transporter Loader (CTL), High Lift Loader (HLL), Main Deck Loader (MDL),
dan lain-lain.
DEFINISI BONGKAR MUAT
Bongkar muat diperbolehkan pada ganda dan satu
garis kuning di mana tidak ada trotoar tanda yang menunjukkan larangan pemuatan
dan loading bay. Bongkar muat dianggap mengambil barang ke dan dari kendaraan
dan memiliki pengiriman yang ditandatangani, tetapi tidak mencakup pengepakan,
membongkar atau perakitan. Berhenti untuk pergi ke toilet, untuk percakapan
atau untuk kegiatan lain yang tidak terlibat dalam bergerak yang sebenarnya
atau pengiriman barang juga tidak dianggap sebagai bagian dari proses.
Segera setelah item terakhir dimuat atau dibongkar, maka
kendaraan harus dipindahkan ke tempat parkir.
Bongkar muat diizinkan pada garis kuning tunggal dan
ganda untuk maksimal 40 menit jika beban yang diamati. Anda tidak harus
menyebabkan obstruksi dan memastikan bahwa tidak ada larangan pemuatan.
Dimana ada larangan pemuatan, selain pembatasan parkir,
Anda akan melihat garis-garis kuning (chevrons) di tepi jalan. Garis ganda
tidak ditandatangani dan menunjukkan bahwa bongkar muat tidak diizinkan SETIAP
SAAT. Garis tunggal berarti tidak ada bongkar muat selama waktu tertentu dan
akan memiliki waktu yang menyertainya piring .
Dimana ada larangan pemuatan, selain pembatasan parkir,
Anda akan melihat garis-garis kuning (chevrons) di tepi jalan. Garis ganda
menunjukkan bahwa bongkar muat tidak diizinkan SETIAP SAAT dan akan memiliki
timeplate menyertainya. Garis tunggal berarti tidak ada bongkar muat selama
waktu tertentu dan juga akan memiliki waktu yang menyertainya piring (lihat
contoh di bawah).
Semua pengiriman komersial dan koleksi (termasuk
multi-drop dan kurir) termasuk dalam pengecualian. Waktu yang wajar
diperbolehkan untuk pemeriksaan dokumen juga - namun, segera setelah pengiriman
selesai kendaraan harus dipindahkan.
Pembangun mengantar atau mengambil alat dari sebuah situs
dibebaskan, namun kendaraan harus segera dihapus bongkar muat telah selesai.
Jika penting untuk kendaraan harus diparkir di dekatnya saat bekerja (misalnya
tukang kaca atau kendaraan scaffolder itu) maka Anda harus menghubungi dewan
untuk membuat pengaturan khusus.
Waktu loading dibatasi untuk 20 atau 40 menit, tergantung
pada lokasi. Jika lebih banyak waktu diperlukan hubungi dewan izin (dispensasi)
di muka.
INGAT!
Banyak, tapi tidak semua, pembatasan parkir memungkinkan
pengecualian untuk loading. Tapi, di manapun Anda berada Anda harus:
tidak pernah berhenti di mana kendaraan Anda akan
menyebabkan obstruksi untuk lalu lintas atau pejalan kaki
tidak pernah berhenti pada putih zig-zags di perlintasan
pejalan kaki
tidak pernah berhenti di daerah terlarang di luar sekolah
saat dilarang
satunya taman di trotoar jika tidak ada cara lain
pengiriman atau koleksi dapat dibuat dan jika seseorang yang tersisa dengan
kendaraan setiap saat.
Garis
kuning
bongkar muat diizinkan pada garis kuning tunggal dan
ganda untuk maksimal 40 menit jika beban yang diamati. Anda tidak harus
menyebabkan obstruksi dan memastikan bahwa tidak ada larangan pemuatan
mana ada larangan pemuatan, selain pembatasan parkir,
Anda akan melihat garis-garis kuning (chevrons) di tepi jalan. Garis ganda
tidak ditandatangani dan menunjukkan bahwa bongkar muat tidak diizinkan SETIAP
SAAT. Garis tunggal berarti tidak ada bongkar muat selama waktu tertentu dan
akan memiliki waktu yang menyertainya piring (lihat contoh di bawah).
Garis
merah
Anda tidak bisa berhenti untuk memuat dan membongkar pada
garis merah selama masa operasional. Garis merah ganda berlaku sepanjang hari,
garis merah yang paling tunggal berlaku 7:00-7:00 tetapi ditandatangani
rute merah memiliki pemuatan merah 'kotak' ditandai pada
jalan di mana memuat diperbolehkan pada waktu tertentu.
Selalu periksa waktu loading diizinkan pada tanda.
Clearways
pada Clearways berhenti untuk memuat dan membongkar
dilarang
halte bus dan taksi peringkat sering Clearways. Anda
tidak harus memuat dan membongkar di bus terbatas menghentikan atau berdiri
atau di pangkalan taksi.
Parkir bay
Anda dapat berhenti untuk memuat dan membongkar pada
teluk parkir (membayar dan menampilkan, warga teluk dll) untuk maksimum 20
menit selama jam terkontrol
Anda tidak dapat memuat dan membongkar pada teluk parkir
diplomatik
Anda tidak dapat memuat dan membongkar pada teluk parkir
ditangguhkan (kecuali jika Anda telah meminta suspensi)
Anda harus jika mungkin hindari menggunakan cacat Teluk.
Menghindari
Penalty Pemberitahuan Biaya (PCN)
Anda harus:
memeriksa tanda-tanda dan garis untuk memastikan bongkar
muat diijinkan sebelum Anda mulai
memberitahu semua lalu lintas sipir atau petugas penegak
sipil yang sedang diisikan dan bahwa Anda akan memindahkan kendaraan setelah
Anda selesai
jika Anda meninggalkan kendaraan tanpa pengawasan mencoba
untuk membuatnya jelas bahwa Anda loading dan loading.
Jika
Anda mendapatkan sebuah PCN
Anda harus:
tidak mengabaikan PCN - hukuman dapat meningkat jika Anda
tidak membayar atau menantang segera
tidak berdebat dengan sipir atau sipil petugas penegak
lalu lintas setelah PCN yang telah dikeluarkan, mereka tidak dapat dan tidak
akan membatalkan
memindahkan kendaraan, jika Anda tidak dapat dijepit atau
diderek
membayar segera jika Anda berada di salah, ini akan
menghemat waktu dan ketidaknyamanan
jika Anda melihat sipir atau petugas penegak lalu lintas
sipil meminta mereka untuk membuat catatan dari fakta bahwa Anda sedang loading
dalam buku saku mereka, ini mungkin dapat membantu Anda menantang PCN nanti
jika Anda telah jauh dari beban kendaraan dan kembali
untuk menemukan PCN, Anda harus siap untuk menjelaskan (kepada dewan juri atau)
apa yang Anda lakukan
menyimpan salinan bukti surat (misalnya, catatan
pengiriman dan penerimaan).
Pasti semua sudah pernah lihat proses loading unloading di
kapal, baik kapal kontainer, cargo maupun tanker, sekarang kita coba bahas
mengenai proses bongkar muat di kapal kontainer. Proses Loading atau biasa
disebut dengan muat bisa dilakukan dengan menggunakan crane kapal maupun Port
crane. Urutan proses loading adalah seperti dibawah ini :
1) Barang-barang dalam kemasan diangkut
oleh truck, menuju ke dermaga
2) Port crane menurunkan tali yang ujung-ujungnya
ada pengait untuk di kaitkan dengan kontainer, dan kemudian diangkut menuju
ruang muat
3) Setelah diturunkan
di ruang muat, kontainer tersebut diatur penempatannya
4) Tali-tali yang tadinya
digunakan untuk mengangkut kontainer dilepaskan, kemudian ditarik keluar ruang
muat.
Proses
Unloading
Proses
Unloading atau biasa disebut dengan bongkar, dilakukan dengan menggunakan Port
crane. Urutan proses unloading adalah seperti dibawah ini :
1) Port crane menurunkan tali yang ujung-ujungnya
ada pengait untuk di kaitkan dengan kontainer menuju ke ruang muat.
2) Kemudian kontainer diangkat ke
dermaga, bisa langsung ditempatkan di truk pengangkut kontainer atau juga bisa
ditempatkan ditempat yang sudah tersedia.
3) Tali-tali yang tadinya
digunakan untuk mengangkat kontainer dilepaskan.
Sistem Mekanikal
a. Port Crane
Kapasitas dari port
crane dibuat dengan standarisasi yang disesuaikan dengan kapasitas dari tiap
kontainer, seperti yang tertera pada tabel dibawah ini ;
Untuk
kontainer dengan ukuran 20 feet memiliki kapasitas berat 20.320 Kg dan volume
30 m3. jadi kapasitas dari port crane minimal harus bisa mengangkat
satu buah kontainer dengan ukuran 20 feet.
b. Wire
Rope
Tali
temali pada port crane umumnya menggunakan tali kawat yang flexible, umumnya
digunakan galvanized crucible steel wire rope yang 6 strand. Pada ujung tali
biasanya terpasang pengait untuk dikaitkan pad kontainer, tapi ada juga yang
menggunakan magnet yang bisa diatur dengan menggunakn arus listrik yang
nantinya bisa langsung ditempelkan pada bagian atas kontainer.
c.
Palkah
Tutup
lubang palkah harus betul-betul kedap air dan melindungi bagian kapal dari
hempasan air serta kuat untuk menahan container yang diletakkan di atasnya.
Pembukaan dan penutupan palkah ini dirancang dengan kecepatan tertentu sehingga
dapat memperpendek waktu bertambat kapal di pelabuhan, dengan begitu biaya
untuk berlabuh dapat diminimalkan. Tutup lubang palkah tidak boleh membebani
geladak dan tidak mengganggu operasi pemuatan dan pembongkaran muatan barang.
Pada garis besarnya ditinjau dari dari cara kerjanya system pembukaan /
penutupan lubang palkah terbagi atas 4 sistem, yaitu :
1) Sistem pembukaan / penutupan palkah yang diangkat
2) Sistem pembukaan / penutupan palkah yang didorong
dan diatur
3) Sistem pembukaan / penutupan palkah yang dilipat dan
disandarkan
Bukaan Palkah untuk kapal ini dirancang dengan menggunakan system pembukaan /
penutupan palkah yang didorong dan diatur, system ini dilakukan dengan cara
mendorong atau menarik tiap seksi tutup lubang palkah tersebut serta
mengaturnya pada suatu tempat khusus. Cara mengatur seksi-seksi tutup lubang
palkah ini dapat ke arah ambang palkah melintang (kearah memanjang kapal) atau
kearah ambang palkah memanjang (kearah melintang kapal). Tiap seksi tersebut
berputar 900 apabila seksi tertutup lubang palkah itu diatur
dan tak digunakan Salah satu type dari system ini adalah tutup lubang palkah Mac-Gregor jenis “single
pull hatch cover” yang terdiri dari 3 buah seksi tutup lubang palkah
yang dihubungkan satu sama lain dengan rantai ukuran kecil yang pendek atau
tali baja yang pendek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar