Kamis, 16 Mei 2013

UNLOADING



UNLOADING
AIRCRAFT LOADING AND UNLOADING ITU APA SIH?????

Salah satu yang menjadi kegiatan dari RAMP Services yaitu kegiatan Loding And Unloading. Hal inipun telah tercantum dalam IATA Airport Handling Manual (AHM), 810 Annex A Tahun 2004 pada Section 3 (RAMP Services) yaitu point 3.6. mengenai Loading And Unloading.
Apa sih yang dimaksud dengan Loading And Unloading? Loading And Unloading merupakan kegiatan yang dilakukan di apron area yaitu kegiatan bongkar muat barang (bagasi, kargo dan mail) dari dan ke dalam pesawat.
Kapan kegiatan Loading And Unloading dilakukan? Untuk kegiatan Loading, dilakukan pada saat Pre Flight artinya kegiatan memuat barang (bagasi, kargo dan mail) dilakukan sebelum pesawat melakukan penerbangan oleh petugas-petugas ground handling. Adapun kegiatan Unloading biasanya dilakukan pada saat Post Flight, artinya kegiatan membongkar barang dilakukan setelah pesawat melakukan penerbangan.
Tentunya para petugas dibantu dengan peralatan-peralatan canggih yang sering disebut dengan GSE (Ground Support Equipment), yang merupakan peralatan-peralatan pembantu yang dipersiapkan untuk mendukung kebutuhan pesawat, salah satunya untuk kegiatan Loading And Unloading ini. Contoh peralatannya yaitu, seperti Belt Conveyor Loader (BCL), Cargo Transporter Loader (CTL), High Lift Loader (HLL), Main Deck Loader (MDL), dan lain-lain.

DEFINISI BONGKAR MUAT
 Bongkar muat diperbolehkan pada ganda dan satu garis kuning di mana tidak ada trotoar tanda yang menunjukkan larangan pemuatan dan loading bay. Bongkar muat dianggap mengambil barang ke dan dari kendaraan dan memiliki pengiriman yang ditandatangani, tetapi tidak mencakup pengepakan, membongkar atau perakitan. Berhenti untuk pergi ke toilet, untuk percakapan atau untuk kegiatan lain yang tidak terlibat dalam bergerak yang sebenarnya atau pengiriman barang juga tidak dianggap sebagai bagian dari proses.
Segera setelah item terakhir dimuat atau dibongkar, maka kendaraan harus dipindahkan ke tempat parkir.
Bongkar muat diizinkan pada garis kuning tunggal dan ganda untuk maksimal 40 menit jika beban yang diamati. Anda tidak harus menyebabkan obstruksi dan memastikan bahwa tidak ada larangan pemuatan.
Dimana ada larangan pemuatan, selain pembatasan parkir, Anda akan melihat garis-garis kuning (chevrons) di tepi jalan. Garis ganda tidak ditandatangani dan menunjukkan bahwa bongkar muat tidak diizinkan SETIAP SAAT. Garis tunggal berarti tidak ada bongkar muat selama waktu tertentu dan akan memiliki waktu yang menyertainya piring .

Dimana ada larangan pemuatan, selain pembatasan parkir, Anda akan melihat garis-garis kuning (chevrons) di tepi jalan. Garis ganda menunjukkan bahwa bongkar muat tidak diizinkan SETIAP SAAT dan akan memiliki timeplate menyertainya. Garis tunggal berarti tidak ada bongkar muat selama waktu tertentu dan juga akan memiliki waktu yang menyertainya piring (lihat contoh di bawah).
Semua pengiriman komersial dan koleksi (termasuk multi-drop dan kurir) termasuk dalam pengecualian. Waktu yang wajar diperbolehkan untuk pemeriksaan dokumen juga - namun, segera setelah pengiriman selesai kendaraan harus dipindahkan.
Pembangun mengantar atau mengambil alat dari sebuah situs dibebaskan, namun kendaraan harus segera dihapus bongkar muat telah selesai. Jika penting untuk kendaraan harus diparkir di dekatnya saat bekerja (misalnya tukang kaca atau kendaraan scaffolder itu) maka Anda harus menghubungi dewan untuk membuat pengaturan khusus.
Waktu loading dibatasi untuk 20 atau 40 menit, tergantung pada lokasi. Jika lebih banyak waktu diperlukan hubungi dewan izin (dispensasi) di muka.
INGAT!
Banyak, tapi tidak semua, pembatasan parkir memungkinkan pengecualian untuk loading. Tapi, di manapun Anda berada Anda harus:
tidak pernah berhenti di mana kendaraan Anda akan menyebabkan obstruksi untuk lalu lintas atau pejalan kaki
tidak pernah berhenti pada putih zig-zags di perlintasan pejalan kaki
tidak pernah berhenti di daerah terlarang di luar sekolah saat dilarang
satunya taman di trotoar jika tidak ada cara lain pengiriman atau koleksi dapat dibuat dan jika seseorang yang tersisa dengan kendaraan setiap saat.
 Garis kuning
bongkar muat diizinkan pada garis kuning tunggal dan ganda untuk maksimal 40 menit jika beban yang diamati. Anda tidak harus menyebabkan obstruksi dan memastikan bahwa tidak ada larangan pemuatan
mana ada larangan pemuatan, selain pembatasan parkir, Anda akan melihat garis-garis kuning (chevrons) di tepi jalan. Garis ganda tidak ditandatangani dan menunjukkan bahwa bongkar muat tidak diizinkan SETIAP SAAT. Garis tunggal berarti tidak ada bongkar muat selama waktu tertentu dan akan memiliki waktu yang menyertainya piring (lihat contoh di bawah).

Garis merah
Anda tidak bisa berhenti untuk memuat dan membongkar pada garis merah selama masa operasional. Garis merah ganda berlaku sepanjang hari, garis merah yang paling tunggal berlaku 7:00-7:00 tetapi ditandatangani
rute merah memiliki pemuatan merah 'kotak' ditandai pada jalan di mana memuat diperbolehkan pada waktu tertentu.
Selalu periksa waktu loading diizinkan pada tanda.

Clearways
pada Clearways berhenti untuk memuat dan membongkar dilarang
halte bus dan taksi peringkat sering Clearways. Anda tidak harus memuat dan membongkar di bus terbatas menghentikan atau berdiri atau di pangkalan taksi.
Parkir bay
Anda dapat berhenti untuk memuat dan membongkar pada teluk parkir (membayar dan menampilkan, warga teluk dll) untuk maksimum 20 menit selama jam terkontrol
Anda tidak dapat memuat dan membongkar pada teluk parkir diplomatik
Anda tidak dapat memuat dan membongkar pada teluk parkir ditangguhkan (kecuali jika Anda telah meminta suspensi)
Anda harus jika mungkin hindari menggunakan cacat Teluk.

Menghindari Penalty Pemberitahuan Biaya (PCN)
Anda harus:
memeriksa tanda-tanda dan garis untuk memastikan bongkar muat diijinkan sebelum Anda mulai
memberitahu semua lalu lintas sipir atau petugas penegak sipil yang sedang diisikan dan bahwa Anda akan memindahkan kendaraan setelah Anda selesai
jika Anda meninggalkan kendaraan tanpa pengawasan mencoba untuk membuatnya jelas bahwa Anda loading dan loading.



Jika Anda mendapatkan sebuah PCN
Anda harus:
tidak mengabaikan PCN - hukuman dapat meningkat jika Anda tidak membayar atau menantang segera
tidak berdebat dengan sipir atau sipil petugas penegak lalu lintas setelah PCN yang telah dikeluarkan, mereka tidak dapat dan tidak akan membatalkan
memindahkan kendaraan, jika Anda tidak dapat dijepit atau diderek
membayar segera jika Anda berada di salah, ini akan menghemat waktu dan ketidaknyamanan
jika Anda melihat sipir atau petugas penegak lalu lintas sipil meminta mereka untuk membuat catatan dari fakta bahwa Anda sedang loading dalam buku saku mereka, ini mungkin dapat membantu Anda menantang PCN nanti
jika Anda telah jauh dari beban kendaraan dan kembali untuk menemukan PCN, Anda harus siap untuk menjelaskan (kepada dewan juri atau) apa yang Anda lakukan
menyimpan salinan bukti surat (misalnya, catatan pengiriman dan penerimaan).


Pasti semua sudah pernah lihat proses loading unloading di kapal, baik kapal kontainer, cargo maupun tanker, sekarang kita coba bahas mengenai proses bongkar muat di kapal kontainer. Proses Loading atau biasa disebut dengan muat bisa dilakukan dengan menggunakan crane kapal maupun Port crane. Urutan proses loading adalah seperti dibawah ini :


1)   Barang-barang dalam kemasan diangkut oleh truck, menuju ke dermaga

2)  Port crane menurunkan tali yang ujung-ujungnya ada pengait untuk di kaitkan dengan kontainer, dan kemudian diangkut menuju ruang muat

3)   Setelah diturunkan di ruang muat, kontainer tersebut diatur penempatannya

4) Tali-tali yang tadinya digunakan untuk mengangkut kontainer dilepaskan, kemudian ditarik keluar ruang muat.



Proses Unloading

Proses Unloading atau biasa disebut dengan bongkar, dilakukan dengan menggunakan Port crane. Urutan proses unloading adalah seperti dibawah ini :


1)  Port crane menurunkan tali yang ujung-ujungnya ada pengait untuk di kaitkan dengan kontainer  menuju ke ruang muat.

2) Kemudian kontainer diangkat ke dermaga, bisa langsung ditempatkan di truk pengangkut kontainer atau juga bisa ditempatkan ditempat yang sudah tersedia.

3)  Tali-tali yang tadinya digunakan untuk mengangkat kontainer dilepaskan.



Sistem Mekanikal


a. Port Crane
Kapasitas dari port crane dibuat dengan standarisasi yang disesuaikan dengan kapasitas dari tiap kontainer, seperti yang tertera pada tabel dibawah ini ; 

Untuk kontainer dengan ukuran 20 feet memiliki kapasitas berat 20.320 Kg dan volume 30 m3. jadi kapasitas dari port crane minimal harus bisa mengangkat satu buah kontainer dengan ukuran 20 feet.
  
b. Wire Rope

Tali temali pada port crane umumnya menggunakan tali kawat yang flexible, umumnya digunakan galvanized crucible steel wire rope yang 6 strand. Pada ujung tali biasanya terpasang pengait untuk dikaitkan pad kontainer, tapi ada juga yang menggunakan magnet yang bisa diatur dengan menggunakn arus listrik yang nantinya bisa langsung ditempelkan pada bagian atas kontainer.


c. Palkah

Tutup lubang palkah harus betul-betul kedap air dan melindungi bagian kapal dari hempasan air serta kuat untuk menahan container yang diletakkan di atasnya. Pembukaan dan penutupan palkah ini dirancang dengan kecepatan tertentu sehingga dapat memperpendek waktu bertambat kapal di pelabuhan, dengan begitu biaya untuk berlabuh dapat diminimalkan. Tutup lubang palkah tidak boleh membebani geladak dan tidak mengganggu operasi pemuatan dan pembongkaran muatan barang. Pada garis besarnya ditinjau dari dari cara kerjanya system pembukaan / penutupan lubang palkah terbagi atas 4 sistem, yaitu :


1) Sistem pembukaan / penutupan palkah yang diangkat

2) Sistem pembukaan / penutupan palkah yang didorong dan diatur

3) Sistem pembukaan / penutupan palkah yang dilipat dan disandarkan


4) Sistem pembukaan / penutupan palkah yang digulung



         Bukaan Palkah untuk kapal ini dirancang dengan menggunakan system pembukaan / penutupan palkah yang didorong dan diatur, system ini dilakukan dengan cara mendorong atau menarik tiap seksi tutup lubang palkah tersebut serta mengaturnya pada suatu tempat khusus. Cara mengatur seksi-seksi tutup lubang palkah ini dapat ke arah ambang palkah melintang (kearah memanjang kapal) atau kearah ambang palkah memanjang (kearah melintang kapal). Tiap seksi tersebut berputar 900 apabila seksi tertutup lubang palkah itu diatur dan tak digunakan Salah satu type dari system ini adalah tutup lubang palkah Mac-Gregor jenis “single pull hatch cover” yang terdiri dari 3 buah seksi tutup lubang palkah yang dihubungkan satu sama lain dengan rantai ukuran kecil yang pendek atau tali baja yang pendek.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar